KPU Sumut Mulai Verifikasi 23 Calon Anggota DPD RI


ISN (Medan) -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara selanjutnya melakukan verifikasi berkas dukungan setelah menetapkan 27 bakal calon DPD RI dapil Sumatera Utara.

"Jadi hanya 23 balon yang selanjutnya kita verifikasi syarat dukungannya," kata Komisioner KPU Sumut, Iskandar Zulkarnain, Minggu (29/4/2018).

Iskandar menjelaskan, ada dua jenis verifikasi yakni verifikasi jumlah dukungan minimal dan sebaran serta verifikasi administrasi maupun analisa dukungan ganda.

"Verifikasi sudah dilakukan sejak 27 April 2018 dan berakhir 10 Mei 2018. Ini sesuai dengan PKPU 7/2017 yang telah diubah ke PKPU 5/2018 tentang tahapan Pemilu 2019," ujarnya.

Sesuai pasal 16 ayat 1 PKPU 14/2018 tentang pencalonan DPD, sebut Iskandar, balon DPD akan mendapat penalti berupa pengurangan jumlah dukungan jika terbukti ada data palsu atau data yang sengaja digandakan.

"Ada dua kategori, ganda internal dan ganda eksternal. Namun, yang akan mendapat sanksi adalah ganda internal. Berupa, pengurangan sebanyak 50 dukungan untuk setiap satu temuan," tuturnya.


Ia menerangkan, ganda internal adalah jika ditemukan ada lebih dari satu dukungan atas satu nama balon DPD maka akan dikurangi sebanyak 50 dukungan.

"Misalnya balon DPD A ditemukan ganda internal atas satu nama sebanyak lima, maka satu saja yang kita ambil sebagai satu dukungan dan 4 sisanya kita beri pengurangan. Maka, karena ada 4 temuan akan dikali 50 (4x50) sehingga balon A dikurangi jumlah dukungannya sebanyak 200," terangnya.

Ganda eksternal, lanjutnya, ditemukan satu nama dukungan terhadap lebih dari satu balon DPD maka KPU akan melakukan klarifikasi kepada pemberi dukungan.

"Maksudnya KPU akan menanyakan langsung kepada pemberi dukungan kepada balon DPD yang didukungannya. Apakah ke balon A atau B. Dan yang melakukan klarifikasi nantinya adalah teman-teman KPU kabupaten/kota," sebutnya.


Penyampaian hasil verifikasi akan dilakukan sejak 11-13 Mei 2018.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar