Mahasiswa Harus Berwirausaha Sejak Dini


ISN (Medan) -- Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Universitas Negeri Medan, Juan Utama Batubara, terus mendorong mahasiswa Sumatera Utara agar menjadi wirausaha pemula (start-up).

Menurutnya, sangat banyak peluang yang bisa diraih jika seseorang berwirausaha sejak duduk di bangku kuliah.

"Usia muda adalah masa sebaik-baiknya menjadi wirausaha. Kenapa? Karena di usia muda akan lebih berani mengambil risiko dibandingkan yang sudah berumah tangga. Dan momentum kuliah adalah momentum sekali dalam seumur hidup. Teman-teman kuliah bisa dijadikan peluang sebgai konsumen yang akan membeli produk-produk yang kita jual," kata Juan, Jumat (27/4/2018).

CEO & Founder Allco Pomade ini juga menjelaskan, berwirausaha bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru yang secara otomatis mengurangi jumlah pengangguran.

"Saran saya jika ingin mengubah nasib menjadi lebih baik, harus serius mempraktikkan keinginan untuk jadi pemuda yang mandiri, bahkan harus memiliki satu unit usaha ketika masih kuliah," imbaunya.

"Mengapa pas kuliah? Karena saat kuliah ini adalah momentum yang sangat tepat. Anda belum berkeluarga, Anda belum punya banyak beban dan tanggungan, umur masih muda, risiko masih ditanggung sendiri. Sungguh sangat menyesal jika Anda tidak berwirausaha ketika sedang dalam masa kuliah," papar Juan yang baru dilantik menjadi Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Utara di Hotel JW Marriot Medan, Selasa (24/4) kemarin.

Dalam kesempatan ini, Juan juga menceritakan bahwa di kepengurusan BPD HIPMI Sumut dirinya merupakan kader termuda yang masih berusia 21 tahun.

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa bergabung dan memberikan kontribusi di BPD HIPMI Sumut periode ini. saya masuk dalam jajaran kepengurusan yang dipimpin Mas Reza dan kawan-kawan," jelasnya.

Saat masih menjadi mahasiswa baru di Unimed, Juan yang merupakan mantan Presiden Mahasiswa Unimed mengaku bahwa dirinya bukanlah siapa-siapa, hanya seorang pedagang susu keliling di sekitar kampus.

"Saya dulu hanya pedagang susu, berjualan di sekitar jurusan. Namun karena kesungguhan dan keyakinan saya, akhirnya kini bisa mandiri secara finansial dengan usaha yang sekarang hingga menjadi pengurus bidang start-up dalam struktur kepengurusan BPD HIPMI Sumut periode 2017-2020 yang dipimpin Mas Reza," ucap Juan.

Dia pun menceritakan suka duka dan peluang rintisannya yang jatuh bangun namun tetap optimis hingga akhirnya Allco Group mulai merambah ke sektor fashion.


Setelah sukses dengan Allco Pomade yang digagas bersama timnya, Juan kini sibuk mendedikasikan dirinya sebagi pelatih bagi anak-anak muda yang ingin berbisnis dan mendalami bidang public speaking. Dia pun mendirikan kantor yang bergerak di bidang pelatihan di bawah naungan PT Sukses Utama Solusindo.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar