Rudenim Belawan Over Kapasitas, Puluhan Pengungsi Afganistan Nginap di Masjid


ISN (Medan) -- Sebanyak 26 imigran asal Afganistan terpaksa ditampung di Mesjid Jamik, Jalan Slebes, Kecamatan Medan Belawan.

Pasalnya, Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Belawan tidak mampu lagi menampung para imigran akibat over kapasitas.

Ketua DPP Kesatuan Aksi Umat Islam (Kaumi), H. Irfan Hamidi mengatakan, ke-26 orang warga asing asal Afganistan terdiri dari pria, wanita dan anak-anak ini telah terlantar di depan Kantor Rudenim Medan di Belawan sekitar 3 pekan lebih.

Melihat itu, selaku Ketua BKM Mesjid Jamik bersama pengurus DPP Kaumi, mendatangi Kantor Rudenim untuk mendata seluruh pengungsi untuk diberikan bantuan menjelang Bulan Suci Ramadan.

Karena kondisi mereka memprihatinkan, sehingga diambil sikap untuk membawa ke-26 pengungsi asal Afganistan itu ke Mesjid Jamik agar bisa tidur dan makan yang layak.

"Melihat kondisi mereka, kita sangat sedih, karena mereka tidur di teras, makanya kita bawa mereka ke mesjid untuk menetap sementara. Mereka kita tempatkan di lantai 2 dengan ditanggung makan sementara," kata H. Irfan, Minggu (29/4/2018).

Harapan H. Irfan, pemerintah dapat segera mengambil sikap untuk menyelamatkan pengungsi asal Afganistan itu, agar mereka bisa dapat menetap di lokasi pengungsian yang lebih layak.

"Semoga ini segera teratasi oleh pemerintah, mereka adalah saudara kita bersama, kita juga membuka bantuan kepada masyarakat yang ingin memberikan sumbangan untuk mereka," kata H Irfan.

Terpisah, ‎Kepala Rudenim Belawan, Victor Manurung ketika hendak dikonfirmasi ke kantornya tidak dapat ditemui karena tidak berada di tempat.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar