Diperiksa KPK, 3 Anggota DPRD Sumut Kembalikan Uang



ISN (Medan) -- Sebanyak 22 orang anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014 dan 2014-2019 diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Selasa (22/5/2018). 

Mereka diperiksa sebagai saksi untuk 38 tersangka baru yang ditetapkan KPK dalam kasus suap interpelasi dan pengesahan APBD yang dilakukan mantan Gubernur Sumut, Gatot Pudjo Nugroho.

Dari 22 anggota DPRD Sumut yang diperiksa itu, tiga diantaranya mengembalikan uang kepada penyidik KPK. Total nilai uang yang dikembalikan mencapai Rp 350 juta.

"Iya, kemarin kita terima uang pengembalian dari saksi yang kita periksa senilai Rp 350 juta. Dan hari ini kita agendakan pemeriksaan terhadap 23 orang saksi lainnya di Kantor Kejatisu," ucap juru bicara KPK, Febri Diansyah, Rabu (23/5/2018).

Febri mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas pengembalian uang tersebut. Pengembalian uang dinilai sebagai sikap yang kooperatif.

"Sekali lagi kami sampaikan, KPK menghargai iktikad baik pengembalian uang dan sikap koperatif memberikan keterangan dari pihak yang diperiksa. Hal tersebut akan dipertimbangkan sebagai aspek meringankan. Dan uang yang dikembalikan sudah disita sebagai bagian dari berkas perkara penyidikan ini," tukasnya.

Pada pekan ini, KPK menjadwalkan pemanggilan 195 orang saksi untuk 38 tersangka kasus suap interpelasi dan pengesahan APBD itu. Pemeriksaan masih akan dilaksanakan sampai Kamis (24/5/2018).
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar