Piala AFF 2018, Indonesia Masuk Grup Neraka



ISN (Jakarta) -- Timnas Indonesia dipastikan bertemu Thailand pada fase Grup B Piala AFF 2018 yang akan digelar mulai tanggal 8 November-15 Desember 2018.

Selain bertemu dengan Thailand, skuat asuhan Luis Milla juga akan menghadapi Singapura, Filipina, dan pemenang play-off antara Brunei Darussalam vs Timor Leste dalam babak penyisihan grup. Lawan-lawan yang bakal dihadapi Garuda Merah Putih relatif berat karena selain bertemu sang juara bertahan, Andik Vermansyah dkk juga akan bertemu Singapura dan timnas dengan pemain naturalisasi terbanyak, Filipina. 

Sementara grup A relatif lebih mudah karena diisi oleh Vietnam, Malaysia, Kamboja, Laos dan Myanmar. Praktis hanya tiga tim yang akan bersaing ketat. Sedangkan Kamboja dan Laos secara hitung-hitungan di atas kertas hanya akan menjadi lumbung gol.

Untuk edisi tahun ini, Piala AFF bakal menggunakan format baru. Tidak ada lagi home tournamen dalam menentukan dua tim terbaik dalam satu grup.

Sebanyak 10 tim peserta akan terbagi dalam dua grup dengan sistem round robin sehingga tiap peserta akan menjalani dua laga kandang dan dua partai tandang di babak penyisihan grup.

Ke-10 negara peserta sudah masuk dalam pot drawing yang terbagi dalam lima pot. Pot pertama dihuni tim unggulan, yakni Thailand dan Vietnam.

Indonesia dan Malaysia masuk pot kedua sehingga dipastikan negara tetangga satu rumpun ini tak akan berada satu grup di babak penyisihan. Kemudian pot ketiga diisi Filipina dan Myanmar.

Pada edisi terakhir, gelar juara diraih Thailand setelah sukses menaklukkan Indonesia di partai final. Indonesia sempat menang 2-1 pada leg pertama, namun kalah 0-2 pada leg kedua yang digelar di Thailand.

Thailand menjadi kolektor trofi terbanyak dengan total lima gelar diikuti Singapura di urutan kedua dengan catatan empat trofi. Sementara Malaysia dan Vietnam masing-masing sudah mengoleksi satu gelar.

Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar