Usai Pemaparan Kasus, Dosen USU Penyebar Hoax Pingsan



ISN (Medan) -- Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) yang diamankan karena postingan kontroversial di Facebook, Himma Dewiyana Lubis, sempat pingsan saat polisi merilis kasusnya di Mapolda Sumatera Utara, Minggu (20/5/2018).

Sebelumnya, Himma mengaku menyesal atas perbuatannya melakukan update status di akun Facebook-nya.

"Itu bukan status saya. Saya hanya meneruskan status orang dan saya share dari akun Facebook saya. Saya sangat menyesal atas perbuatan yang saya lakukan," kata Himma, dilansir Rabu (23/5/2018).

Wanita yang diketahui sebagai dosen USU ini sempat mengimbau kepada masyarakat agar mengambil pelajaran dari masalah yang menimpah dirinya.

Dia berpesan, jangan mudah menyebarkan semua berita yang ada di Facebook ataupun jejaring sosial lainnya.

"Saya contohnya. Saya men-share status orang di Facebook saya. Karena itu saya ditangkap dan dijadikan tersangka," ujarnya.

Usai memberikan keterangan, Himma terlihat oleng dan sempat pingsan. Petugas kepolisian langsung buru-buru mengambilkan bangku untuk dia duduk.

Bersama kasus Himma, polisi juga merilis kasus serupa dengan tersangka satpam bank di Sumut.

"Lemas karena sahur hanya minum air putih saja. Selain itu mungkin stress karena kasus yang menimpanya," ungkap Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan Atmaja. 

Dikatakan Tatan, Himma sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran hoax tentang tiga bom gereja di Surabaya merupakan pengalihan isu. Himma dijerat dengan pasal 28 ayat 2 UU ITE.

"Sudah jadi tersangka," ujar Tatan. 

Sebelumnya, Subdit Cybercrime Ditreskrimsus Polda Sumut menangkap Himma Dewiyana Lubis, PNS yang bekerja sebagai dosen Ilmu Perpustakaan di USU karena tuduhan menyebarkan ujaran kebencian pada akun Facebook-nya.

Himma ditangkap dirumahnya di Jalan Melinjo II, Komplek Johor Permai, Kecamatan Medan Johor Kota Medan pada Sabtu (19/5/2018).

Himma diamankan karena satu postingan di Facebook yang langsung viral dan sempat mengundang perdebatan hangat netizen.

"Skenario pengalihan yg sempurna…#2019GantiPresiden," demikian postingannya.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar