Cara Pemain Timnas Jerman Jalani Ibadah Puasa Saat Bertanding



ISN (Jerman) -- Beragam cara dan prilaku menjadi bagian dari pesepakbola yang melakoni puasa Ramadan tahun ini. Tiga penggawa Timnas Jerman bisa menjadi gambaran bagaimana mereka menikmati nuansa bulan suci tersebut.

Tiga pemain Timnas Jerman yang beragama Islam menjadi starter saat Der Panzer dijamu Austria pada laga uji coba di Stadion Woerthersee, Klagenfurt, Sabtu (2/6/2018). Mereka adalah Sami Khedira, Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan.

Bola.com, yang meliput langsung laga persahabatan tersebut, penasaran bagaimana trio lini tengah Timnas Jerman itu menjalani latihan dan pertandingan saat puasa.

Pantauan Bola.com yang berada di pinggir lapangan, Sami Khedira, Mesut Ozil dan Gundogan, tidak terlihat mengonsumsi makanan dan minuman. Hal itu terlihat sepanjang babak pertama, saat ketiganya menjadi pilihan utama Pelatih Joachim Low.

Fisik trio tersebut tidak terlihat menurun drastis sepanjang 45 menit pertama. Sekadar informasi, laga persahabatan Austria Vs Jerman yang seharusnya dimulai pukul 18.00 terpaksa ditunda.

Penundaan itu terjadi lebih dari satu jam karena hujan dan angin kencang. Genangan air di beberapa titik rumput lapangan memaksa wasit untuk menunda waktu kick-off. Pertandingan baru dimulai sekitar pukul 19.15 waktu setempat. Sementara jadwal berbuka puasa berada di waktu 20.31 waktu setempat.

Pada babak kedua yang dimulai sekitar pukul 20.15, Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan tetap dimainkan pelatih Joahcim Low. Sementara Sami Khedira ditarik keluar, digantikan Sebastian Rudy. Pertandingan baru berjalan sekitar 11 menit, Low mengubah strategi permainan dengan memasukan Leon Goretzka menggantikan Gundogan.

Saat Gundogan duduk di bangku cadangan, waktu menunjukkan pukul 20.26. Ada beberapa aktivitas sang gelandang yang terlihat Bola.com. Mesut Ozil yang bermain hingga menit ke-76 atau sampai pukul 20.46, sama sekali tidak terlihat mengonsumsi minuman atau makanan ringan di pinggir lapangan. Dari pantauan Bola.com, gelandang Arsenal itu hanya mengusap-usap mukanya dengan handuk.

Tiga momen berbeda tersebut menjadi gambaran tersendiri bagaimana trio tersebut menjalankan ibadah puasa. Ozil, Khedira dan Gundogan merupakan pilar Timnas Jerman untuk Piala Dunia 2018 yang memeluk agama Islam. 

Sayangnya, usai pertandingan, Bola.com tidak mendapat kesempatan mewawancarai ketiga pemain tersebut. Saat sesi jumpa pers, hanya Joachim Low yang hadir sebagai pelatih kepala. Tidak ada perwakilan pemain Timnas Jerman yang ikut.

Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar