Teknologi Sonar Temukan Titik Koordinat Diduga Kuat Bangkai KM Sinar Bangun



ISN (Samosir) -- Proses pencarian korban dan bangkai KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba pada Senin (18/6) kemarin masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan.

Hingga hari ketujuh pencarian atau Minggu (24/6/2018), muncul secercah harapan. Pasalnya, tim SAR gabungan menemukan objek yang diduga sebagai bangkai dari KM Sinar Bangun.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Madya M. Syaugi menyebut, objek yang diduga KM Sinar Bangun tersebut berada di kedalaman sekitar 490 meter.

"Ada indikasi kita menemukan objek di kedalaman 490 meter dan ada dua titik, yakni di jarak 2 dan 2,5 kilometer dari Pelabuhan Tigaras," kata Syaugi, Senin (25/6/2018).

Syaugi menjelaskan, hingga saat ini kapal yang membawa alat Multi Beam Side Scan Sonar masih terus mencari dimana keberadaan pasti titik koordinat tenggelamnya kapal penyeberangan tersebut.

"Alat ini masih terus men-scan dan menyisir supaya keluar gambar yang betul-betul bisa meyakinkan. Mudah-mudahan itu betul, kalau tidak ya terus di cari lagi," ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tim SAR gabungan kemungkinan akan menambah waktu untuk pencarian KM Sinar Bangun yang karam tersebut.

"Setelah 7 hari awal ini ditemukan tanda-tanda bagus, mungkin akan dilanjutkan dengan tambahan 3 hari pencarian. 10 hari masih ada kemungkinan yang meyakinkan dan kita akan terus mencari," tukasnya.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar