Angin Kencang di Medan Akibat Belokan Angin di Pantai Barat



ISN (Medan) -- Hujan deras disertai angin kencang yang menyebabkan beberapa pohon tumbang di Kota Medan, Kamis (5/7/2018) malam, disebabkan karena adanya belokan angin di wilayah Pantai Barat dan pertemuan masa angin di Pantai Timur.

Salah seorang petugas perkiraan cuaca BMKG Wilayah 1 Medan, Lestari mengatakan, dari catatan BMKG, curah hujan yang terjadi pada Kamis (5/7/2018) malam mencapai kecepatan angin 20 knot.

"Kejadian tadi malam cukup ekstrem karena ada faktor lokal. Dimana, kejadian tersebut terjadi karena ada belokan angin di wilayah Pantai Barat dan ada pertemuan masa angin di Pantai Timur, makanya hujan cukup merata di daerah Pantai Timur dan Pantai Barat," kata Lestari, Jumat (6/7/2018).

Lestari menjelaskan, BMKG mencatat bahwa bulan Juli ini sudah masuk musim kemarau. Namun biasanya pada Juni dan Juli sering terjadi angin kencang sehingga beberapa kawasan mengalami musim hujan.

"Karena ada peralihan musim itulah terjadi cuaca ekstrem seperti di Kota Medan," jelasnya.

Lestari juga mengungkapkan bahwa di daerah pegunungan tercatat untuk dua hari ke depan akan mengalami hujan yang relatif ringan.

"Di daerah pegunungan akan terjadi hujan dengan intensitas yang ringan. Tapi, kita juga harus mewaspadai adanya cuaca ekstrem," ungkapnya.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat terutama yang tinggal di kota agar selalu mewaspadai apabila terjadi peralihan cuaca.

"Kami mengimbau kepada masyarakat kota yang apabila sedang berkendaraan terjadi hujan agar berhenti dan berteduh di tempat yang lebih aman. Sementara untuk daerah pegunungan selalu mewaspadai sungai. Begitu juga masyarakat yang tinggal di pinggir aliran sungai untuk selalu waspada apabila air sungai naik," imbau Lestari.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar