Jangan Rampas Hak Bermain Anak Dengan Tugas Sekolah



ISN (Medan) -- Kebijakan Dinas Pendidikan Kota Blitar, Jawa Timur, melarang guru memberikan pekerjaan rumah (PR) untuk siswanya ditanggapi beragam, termasuk pemerhati pendidikan.

Direktur Citra Pendidikan Nusantara Sumatera Utara, M. Taufiq Hidayah Tanjung, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Blitar. Dia pun berharap kebijakan ini segera diadopsi oleh Dinas Pendidikan Kota Medan sebagai pilot projects di Provinsi Sumatera Utara.

"Saya sangat mendorong kebijakan ini segera diadopsi oleh Disdik Kota Medan terkhusus untuk tingkat Sekolah Dasar. Sebab di tingkat Sekolah Dasar merupakan titik rawan pembentukan karakter," kata Taufiq di Universitas Negeri Medan, Sabtu (21/7/2018).

"Jika waktu anak-anak dihabiskan untuk belajar di sekolah maupun di rumah, maka anak tersebut akan kehilangan interaksi sosial dengan masyarakat sekitar. Ini sangat berbahaya untuk generasi penerus bangsa ke depannya," sambungnya.

Lebih jauh Taufiq mengungkap bahwa permasalahan bangsa Indonesia saat ini bukan lagi dari aspek kecerdasan sumber daya manusianya, melainkan mental dan karakter yang tidak terbangun secara baik.

"Kita harus sama-sama sadari bahwa permasalahan bangsa kita saat ini bukan lagi tingkat kecerdasan, melainkan mental dan karakter dan ini porsinya ada di tingkat Sekolah Dasar. Jadi jika di Sekolah Dasar saja hak anak untuk berinteraksi sudah dirampas, maka anak-anak akan tumbuh dengan tidak memiliki rasa sosial yang tinggi dan ini berbahaya untuk kehidupan bangsa ke depan," tegasnya.

Menurutnya, fenomena siswa SD pergi ke sekolah dengan beban tas begitu berat yang berisi banyak buku, tidak memiliki dampak signifikan dalam membentuk anak menjadi cerdas. 

"Jangan rampas hak bermain anak untuk belajar kalau kita tidak ingin melihat anak-anak tumbuh dewasa dengan sifat kekanak-kanakan," tandasnya.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar