Partai yang Paling Banyak Usung Bakal Caleg Eks Koruptor



ISN (Jakarta) -- Bawaslu RI menemukan 199 bakal calon legislatif (caleg) yang merupakan eks narapidana korupsi. Terbanyak diketahui berasal dari Partai Gerindra. Sedangkan PSI menjadi satu-satunya partai nasional yang tak mencalonkan koruptor di Pileg 2019.

Berdasarkan data yang didapat dari Bawaslu, Minggu (29/7/2018), ada 27 caleg dari Partai Gerindra yang teridentifikasi sebagai eks napi korupsi. Kemudian disusul Golkar sebanyak 25 bacaleg dan NasDem 17 bacaleg. Data ini untuk caleg tingkat provinsi, kota/kabupaten.

Sementara itu untuk partai nasional, PSI menjadi satu-satunya partai yang 'zero' bacaleg eks koruptor. Namun dari data Bawaslu, ada lima bacaleg yang tidak diketahui berasal dari partai mana.

"Iya sementara (bacaleg eks napi korupsi) ditemukan sekitar 199," ujar anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin. 

Bawaslu sudah menyatakan berkas 199 eks koruptor yang maju sebagai caleg dikembalikan KPU ke partai politik masing-masing.

"Prinsipnya, kami kembalikan kepada parpol masing-masing karena tidak sesuai dengan kesepakatan juga antara KPU sama parpol," ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Berikut ini jumlah bacaleg yang teridentifikasi sebagai eks napi korupsi:

- PKB: 8
- Gerindra: 27 
- PDIP: 13 
- Golkar: 25 
- NasDem: 17
- Partai Garuda: 6
- Partai Berkarya: 16
- PKS: 5
- Perindo: 12 
- PPP: 7
- PSI: 0
- PAN: 12
- Hanura: 15 
- Partai Demokrat: 12 
- Partai Aceh: 0
- Partai Sira (Aceh): 1
- Partai Daerah Aceh: 0
- Partai Nanggroe Aceh: 0
- PBB: 11
- PKPI: 7

- 5 bacaleg tak diketahui parpolnya

Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar