Prajurit Raider 100/PS Dilempari Batu Saat Amankan 1 Kg Sabu



ISN (Langkat) -- Prajurit Batalyon Infanteri Raider 100/Prajurit Setia menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu-sabu seberat 1 Kg dan 158 butir pil ekstasi berlogo bintang. Pengungkapan tersebut berawal dari adanya kegiatan pemeliharaan (simulasi) prajurit Raider 100/PS di Kota Binjai dan Kabupaten Langkat.

"Kami melakukan pencegahan deteksi dini sesuai arahan Pak Presiden dan Pak Panglima TNI. Awalnya dilihat ada sekelompok orang berlari tidak menentu menuju ke Desa Sialang Paku, Kutalimbaru, Deli Serdang," kata Danyon Inf Raider 100/PS, Letkol Lizardo Gumay, didampingi Kepala BNNP Sumut Brigjen Marsauli Siregar dan Kaur Medtak Penerangan Kodam I/Bukit Barisan Mayor Yamin Sohar di Mako Yonif Raider 100/PS, Sei Bingai, Langkat, Rabu (25/7/2018).

Oleh prajurit Raider 100/PS, temuan itu dilapor kepada Pasi Intel. Kemudian diteruskan ke Komandan Batalyon Infanteri Raider 100/PS, Letkol Lizardo Gumay.

"Saya meneruskan informasi kepada Panglima (Kodam I Bukit Barisan), diminta untuk dikejar. Saat dikejar, ditemukan satu tas yang berisikan barang bukti semua, berupa sabu dan ekstasi," tutur Lizardo.

Saat pengejaran itu, Pasi Intel Yonif Raider 100/PS meminta petunjuk untuk dapat mengirim pasukan tambahan. Itu dilakukan karena warga Kampung Kloneng memberikan perlawanan keras terhadap prajurit Yonif Raider 100/PS.

"Mereka melawan dengan melempari prajurit pakai batu dan senjata tajam. Sehingga perlu dibantu," ujar dia.

Pengejaran dan bantuan prajurit yang diterjunkan ke TKP berbuah manis. Enam orang ditangkap.

Dari enam tersangka, prajurit menyita barang bukti 1 kg sabu-sabu, 158 butir ekstasi, ratusan kompeng (bagian alat isap sabu), 12 unit mesin jackpot, 2 bong sabu, 130 pipa hisap sabu, 9 mancis, 2 unit Hp Samsung, 4 bungkus plastik klip, 19 batang rokok Gumer, 2 dompet, 3 badik/pisau dan 1 charger handphone Nokia juga turut disita.

"Semua barang bukti ini ditemukan di tempat akhir kejadian (penangkapan)," sambung Lizardo.

Keenam tersangka yang diamankan masing-masing, Sudaryanto warga Tanah Seribu Pasar Tiga Kabupaten Langkat, Rasin warga Pasar V Kecamatan Namutrasi Kabupaten Langkat, Supendi warga Kampung Kloneng Kabupaten Langkat, Usaha Pramaya Tarigan warga Tanah Seribu, Fajar Renaldi warga Kampung Kloneng dan Irwan warga Tanah Seribu. Mereka semua diamankan saat keluar dari gubuk kolam ikan.

"Diduga tempat ini menjadi sarang dan pemakai sabu," sambungya.

Hasil interogasi sementara, kata dia, mereka sudah menjajaki bisnis narkotika itu selama 6 bulan belakangan. Mereka mendapati barang haram tersebut dari seorang kurir.

Jika dirupiahkan, harga narkotika tersebut sebesar Rp1,5 miliar. "Kami melakukan pencegahan dini dan deteksi dini untuk berantas narkoba. Mereka semuanya diserahkan ke BNN Sumut," ujar dia.

Dari jumlah nilai itu, 5.000 orang juga terselamatkan jiwanya dari narkoba. Mengenai penghargaan khusus apakah diberikan, Lizardo sebut, hal tersebut akan dilaporkannya lebih dulu ke Panglima Kodam I Bukit Barisan.

Sementara Kepala BNNP Sumut, Brigjen Marsauli Siregar mengapresiasi tangkapan prajurit Raider 100 PS tersebut. Menurut dia, di lokasi penangkapan itu, BNNP Sumut telah melakukan penyuluhan.

"Ini naluri seorang prajurit, meski mereka berusaha kabur atau melarikan diri," kata dia.
Dia menambahkan, semua barang bukti tersebut adalah benar narkotika. Selama 6 hari, kata Marsauli, penyidik akan mendudukan perkara tersebut beserta barang buktinya.

"Ada senjata api dengan buktinya ditemukan selongsong dan suara letusan. Mereka militan. Barangkali kalau bukan Batalyon yang nguber, dilawan mereka. Tas yang mereka jatuhkan mau diambil balik lagi dengan membawa sekelompok orang," ujar dia.

Sayang, senjata api tidak ditemukan. Hanya selongsong peluru saja dengan kaliber 9 mm. Marsauli tidak bisa memastikan senpi itu jenis rakitan atau tidak.

"TKP disana untuk pesta dan transaksi. Informasi ini akan didalami," pungkasnya.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar