Tahun 2018 Terjadi Gerhana Bulan Terlama Dalam Abad Ini



ISN (Medan) --  Gerhana bulan total akan terlihat jelas di seluruh Indonesia pada tanggal 28 Juli 2018. Ini akan menjadi gerhana bulan paling lama dalam sejarah.

"Pada 28 Juli nanti akan terjadi gerhana bulan total yang bisa diamati di seluruh Indonesia," kata Kepala Bidang Informasi dan Data BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Selasa (24/7/2018).

Data BMKG menyatakan bahwa gerhana bulan yang akan terjadi itu merupakan yang paling lama dalam abad ini, yakni sekitar 103 menit.

"Jadi, gerhana itu terjadi pukul 00.00 WIB diantara pergantian tanggal 27 dan tanggal 28 Juli," jelas Syahnan.

Disinggung dampak dari gerhana bulan total tersebut, Syahnan mengungkapkan bahwa pihaknya belum bisa memprediksi cuaca yang akan terjadi.

"Saat ini belum bisa kita prediksi. Biasanya H-3 sebelum peristiwa gerhana bulan total itu baru kita bisa melihat prediksinya," ungkapnya.

Syahnan menjelaskan, apabila ada masyarakat atau kelompok yang mau meneliti peristiwa bersejarah itu, bisa dilihat langsung saat gerhana bulan total terjadi.

"Gerhana bulan total ini baru bisa dilihat lagi pada tahun 2041," tukasnya.

Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar