HUT Kemerdekaan RI, Merah Putih Akan Dibentang di Dasar Laut Sibolga



ISN (Sibolga) -- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, sejumlah komunitas akan menggelar pengibaran Bendera Merah Putih di pesisir pantai barat Sumatera Utara, tepatnya di dasar laut Sibolga.

"Acara pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut akan diikuti lintas organisasi, kalangan wartawan dan didukung pemerintah setempat. Pengibaran bendera di bawah laut akan berlangsung hari Minggu (19/8/2018) sekitar pukul 08.00 WIB. Kemudian akan dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan lainnya," kata Koordinator kegiatan, Maecenas Adhara Donny, Kamis (16/8/2018).

Donny menjelaskan, konsep acara pengibaran bendera di bawah laut itu akan dilakukan mulai dari dasar hingga permukaan laut dengan latar belakang keindahan alam laut Sibolga.

Selama prosesi pengibaran berlangsung, peserta lainnya berada di daratan atau di kapal dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. "Pengibaran akan dilakukan oleh lima orang penyelam andal," jelasnya.

Menurutnya, pengibaran bendera dari dasar laut ini adalah yang kedua kali dilangsungkan dan bertempat di lokasi yang sama. Kegiatan ini menjadi even tahunan sebagai daya tarik wisatawan agar berkunjung ke Pantai Sibolga.

"Tahun ini peserta dan organisasi yang terlibat semakin meluas, kita mengapresiasi keikutsertaan berbagai organisasi dalam kegiatan ini," ungkapnya.

Dalam acara itu nantinya juga akan digelar aksi bersih pantai, donor darah, safety riding, bagi-bagi masker, bagi-bagi kopi tao, pemasangan artificial reef (terumbu karang buatan), kegiatan membaca anak, dan lomba mewarnai.

"Akan digelar juga aksi penggalangan dana untuk korban gempa bumi di Lombok. Dan, terakhir kegiatan akan ditutup dengan aksi menghadap laut, peserta saling bergandengan dan aksi ini juga serentak dilakukan di 73 daerah," tutur Donny.

Donny menambahkan bahwa sekitar 200 peserta akan mengisi rangkaian acara. Aksi ini diharapkan dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya kesadaran serta kecintaan terhadap laut dan lingkungan.

"Sebagai daerah pesisir pantai dan laut, tentu kita berpihak pada pelestarian daerah-daerah pesisir," tambahnya.

Kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk mendukung putra-putri terbaik bangsa yang akan berlaga di Asian Games 2018 dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya.

"Tajuk Lestari adalah pesan agar kita terus menjaga kelestarian alam dan lingkungan, pesan agar kita semakin tekun menjaga bumi dari kerusakan," pungkas Donny.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar