Integritas Buruk, PN Medan Sudah Lama Disorot KPK



ISN (Medan) -- Pengadilan Negeri (PN) Medan sudah menjadi sorotan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan integritas sangat buruk dalam dunia peradilan.
Sorotan KPK tersebut berujung dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan hari Selasa (28/8/2018) kemarin.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial (KY), Sukma Violetta, saat melakukan pertemuan dengan Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan, Rabu (29/8/2018).

"Iya, Medan menjadi sorotan, tidak saja Medan, ada daerah lainnya juga seperti di Jakarta," kata Sukma.

Sukma menjelaskan bahwa dengan dilakukan koordinasi antara KY dengan KPK, pihaknya mengakui PN Medan sudah lama menjadi sorotan dalam setiap penangan kasus yang diadili. KY bahkan sudah mengingatkan para wakil tuhan itu agar menjaga integritas yang baik dan bebas dari suap atau korupsi.

"Kita sudah melakukan peningkatan integritas hakim beberapa waktu lalu. Ada kerja sama antara KY, KPK dan Mahkamah Agung terkait dengan peningkatan integritas, khususnya untuk menghindari OTT. Kami akan evaluasi kembali nantinya," jelas Sukma.

Menurutnya masih banyak hakim-hakim yang memiliki integritas baik dan menjauhkan diri dari tindakan melanggar hukum seperti melakukan suap atau korupsi.

"Kami tekankan pada para hakim bahwa salah atau benar perkara ada di tangannya. Artinya suap itu sangat bertentangan dengan kode etik hakim," tegasnya.
"Saya juga mengungkapkan bahwa KY akan terus melakukan perbaikan tersebut dengan pihak terkait," pungkas Sukma.

Seperti diketahui, penyidik KPK mengamankan petinggi termasuk Ketua PN Medan Marsudin Nainggolan, Wakil Ketua PN Medan Wahyu Prasetyo Wibowo, Hakim Sontan Meraoke Sinaga, Hakim Ad Hoc Tipikor Merry Purba, Panitera Elpandi dan Oloan Sirait, serta dua orang dari pihak swasta.

Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar