Jutaan Ikan di Danau Toba Mati Mendadak



ISN (Samosir) -- Jutaan ikan dalam keramba di perairan Danau Toba mengalami kematian massal. Namun hingga kini belum diketahui penyebab kematian jutaan ekor ikan tersebut.

Informasi yang diperoleh, ikan-ikan dalam keramba yang dikelola petani di Kecamatan Pangururan, Samosir, itu mulai terlihat lemas sejak Senin (20/8/2018) kemarin.

"Senin kemarin memang sudah terlihat ikan-ikan di keramba itu mulai lemas," kata salah seorang warga Aek Nihuta yang juga petani keramba, Roy Malau, Kamis (23/8/2018).

Roy mengaku punya enam keramba yang berada di perairan Danau Toba. Semua ikan yang ada di kerambanya ikut mati.

"Semua ikan nila dan ikan mas saya yang ada di keramba mati. Bahkan ada petani keramba yang mempunyai 150 keramba juga mati semua," ucapnya.

Terkait kematian jutaan ikan di keramba, sejak Selasa (21/8/2018) kemarin para petani telah memberikan oksigen kepada ikan-ikan yang ada dalam keramba.

"Namun pada Rabu (22/8/2018) pagi saat petani melihat ikan di keramba, ternyata semua sudah mati dan mengapung di Danau Toba," jelasnya.

Roy mengungkapkan bahwa jutaan ikan yang mati tersebut dalam waktu dekat sudah siap panen. "Padahal ikan-ikan yang ada di keramba ini sudah siap panen," ungkapnya.

Terkait penyebab kematian ikan-ikan tersebut, para petani belum mengetahui secara pasti dan masih melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Kita sudah beri tahu kepada Bupati dan instansi terkait. Namun sampai saat ini kami juga belum tahu penyebabnya."

Saat ini bangkai-bangkai ikan tersebut sudah dibawa ke tepi danau dan alat berat juga sudah diturunkan untuk mengubur jutaan bangkai ikan tersebut. "Sebagian dari bangkai ikan sudah dikuburkan," pungkasnya.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar