Kaka Juans Jadi Inspirasi Wirausahawan Baru Sumatera Utara



ISN (Medan) -- Juan Utama Batubara atau yang akrab disapa dengan panggilan @kakajuans di Instagram merupakan salah satu pengusaha muda yang sukses mengembangkan bisnisnya di bidang men's grooming.

Berkat kerja keras, profesionalisme dan strategi pemasaran yang tepat, Juan berhasil memasarkan produknya, yakni Allco Pomade ke berbagai kota di Indonesia.

Meski usianya belum genap 22 tahun, pria kelahiran Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, ini menjadi salah satu tokoh inspirasi anak muda yang telah mengisi banyak seminar dan pelatihan untuk menularkan kisah suksesnya sebagai pelaku bisnis pemula.

"Dalam setiap kesempatan, termasuk seminar, saya selalu mengampanyekan agar anak muda mandiri secara financial dan memulai usaha sejak bangku kuliah," ujar Juan di Kampus Universitas Negeri Medan, Sabtu (4/8/2018).

Pekan lalu, Juan diundang Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sumatera Utara yang sedang menggelar bimbingan teknis terkait kewirausahaan kepada masyarakat calon wirausaha baru.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu merupakan wujud dukungan Disperindag Sumut terhadap program pemerintah, yakni Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN).

Dalam kesempatan itu Juan menyampaikan tiga materi kepada para peserta, diantaranya Entrepreneur Revolution, Strategi Mempengaruhi Konsumen dengan Copy Writing, serta Strategi Membangun Bisnis dengan Tim Penjualan.

Juan yang merupakan Ketua Umum HIPMI PT Sumatera Utara ini menceritakan betapa pentingnya peran generasi milenial dalam dunia usaha. Dia pun membeberkan karier sebagai aktivis kampus sejak semester pertama dan mulai berwirausaha sejak kecil hingga bisa menjadi presiden mahasiswa.



"Dulu ketika masih menjadi mahasiswa baru di Unimed, saya bukanlah siapa-siapa, hanya seorang pedagang susu keliling di sekitar kampus. Boleh tanya kepada teman-teman saya, mereka pasti tahu betul ketika semester awal saya harus berjualan susu untuk menambah penghasilan," sambung Juan.

"Namun karena kesungguhan dan keyakinan, akhirnya kini saya bisa mandiri secara finansial dengan usaha yang sekarang."

Juan yang pernah meraih predikat sebagai Lulusan Andalan (Sangat Baik) pada pengumuman hasil ujian sertifikasi pembicara publik Indonesia Program Certified Public Speaker (CPS) oleh Indonesian Professional Speakers Association (IPSA), menyampaikan materi dengan fun dan energic sehingga para peserta antusias dan senang mengikuti program bimtek tersebut.

Intinya, sambung Juan, ketika masa kuliah jangan mau jadi mahasiswa yang biasa-biasa saja. Namun ambil peran penting dalam memberikan sumbangsih positif bagi kampus, daerah asal, maupun bangsa Indonesia.

"Pada era yang penuh tantangan, tekanan sosial budaya global dan persaingan ekonomi, generasi muda harus mempersiapkan dan membekali diri untuk kemajuan bangsa," pungkas Juan.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar