'Negeri Ini Merdeka Bukan Dengan Canda Tawa'



ISN (Medan) -- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia selalu dirangkai dengan berbagai perlombaan, tak terkecuali di dunia pendidikan.

Umumnya siswa-siswi sudah disibukkan dengan beragam perlombaan sejak satu pekan sebelum HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus, mulai dari menghias kelas, lomba baris-berbaris hingga beragam lomba yang bersifat hiburan.

Menyikapi fenomena ini, Direktur Citra Pendidikan Nusantara, M. Taufiq Hidayah Tanjung, mengimbau lembaga pendidikan agar tidak lagi melakukan perlombaan-perlombaan yang tidak mendidik menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Menurutnya, hal tersebut tidak sesuai dengan cita-cita para pahlawan bangsa yang sudah berjuang merebut kemerdekaan dengan semangat serta pengorbanan darah dan nyawa.

"Seharusnya lembaga pendidikan memberikan perlombaan yang mendidik dan mencerminkan perjuangan agar siswa-siswi juga merasakan sulitnya meraih kemenangan tanpa menjadi bahan tertawaan," sebut Taufiq di Medan, Kamis (16/8/2018).

"Kita sedang berada dalam kondisi gawat darurat karakter bangsa, belum seminggu yang lalu kita dikagetkan dengan penggerebekan diskotek khusus anak-anak di Medan Estate. Tentu ini menjadi cambukan bagi kita semua bahwa sejak level anak-anak, karakter kita sudah rusak," tegasnya.

Melalui momentum kemerdekaan ini, sambung Taufiq, sebaiknya kita mengajarkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air melalui pembentukan karakter anak didik, bukan justru mengadakan perlombaan yang hanya mengundang gelak tawa.

"Negeri ini merdeka bukan dengan canda tawa," pungkas Magister Pendidikan ini.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar