Berkas Tersangka KM Sinar Bangun Diserahkan ke Kejaksaan


ISN (Medan) -- Setelah dinyatakan lengkap (P21) berkas nakhoda Kapal Motor (KM) Sinar Bangun dan Kapos Simanindo oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara, keduanya akan diserahkan ke pihak kejaksaan untuk segera disidangkan.

Kasubdit III/Umum Direktorat Kriminal Umum (Ditreskrimsus) Polda Sumut, AKBP Maringan Simanjuntak mengatakan, kedua tersangka masing-masing nakhoda sekaligus pemilik KM Sinar Bangun, Poltak Saritua Sagala dan Kapos Simanindo, Golpa F. Putra. Namun sejauh ini pihaknya masih melakukan koordinasi sebelum penyerahan kedua tersangka tersebut.

"Dalam waktu dekat kedua tersangka ini akan kita serahkan ke jaksa," kata Maringan di Medan, Kamis (6/9/2018).

Maringan menjelaskan bahwa berkas tersangka lainnya juga sudah diserahkan ke kejaksaan. Namun masih ada berkas yang dikembalikan dengan alasan adanya kekurangan.

"Saat ini berkasnya sudah kita serahkan kembali. Tapi apakah berkas itu nantinya P21 atau P19, kita masih menunggu. Kita harap berkas itu dapat P21 supaya tersangkanya bisa dikirim," jelasnya.

Untuk diketahui, sampai dihentikannya pencarian korban dan bangkai KM Sinar Bangun di Danau Toba, tim SAR gabungan baru mengevakuasi 24 orang. Dari jumlah tersebut, 21 orang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan 3 orang dalam keadaan meninggal dunia. Sementara 164 orang masih dinyatakan hilang.

Dalam kasus ini pihak kepolisian sudah menetapkan 5 orang tersangka, yakni Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Samosir, Nurdin Siahaan dan nakhoda KM Sinar Bangun, Poltak Soritua Sagala.

Kemudian Kepala Pos Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir, Golpa F Putra dan Kepala Bidang Angkutan Sungai dan Danau Perairan (ASDP) Kabupaten Samosir, Rihad Sitanggang serta anggota Kapos Pelabuhan Simanindo, Karnilan Sitanggang.


Para tersangka akan dijerat Pasal 302 dan/atau 303 UU Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran Jo Pasal 359 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda sebesar Rp 1,5 miliar.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar