Beras Sachet Kurang Peminat di Sumatera Utara



ISN (Medan) -- Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) mengalami kesulitan dalam memasarkan produk beras premium ukuran 200 gram yang dijual dengan harga Rp 2.500 per sachet di Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Bulog Divre Sumut, Benhur Ngkaimi mengatakan, sejak diluncurkannya beras premium dalam bentuk sachet 200 gram tanggal 17 Agustus 2018, sudah 50 ribuan sachet yang didistribusikan ke kedai-kedai yang ada di kota dan desa.

"Padahal produksi kita sendiri saat ini hanya sekitar 62.500 sachet. Jumlah itu jika dikonversi menjadi ton, hanya sekitar 12,5 ton. Sangat kecil jika dibandingkan dengan konsumsi masyarakat Sumut yang mencapai puluhan ribu ton per bulannya," kata Benhur, Jumat (26/10/2018).

Benhur menjelaskan bahwa pihaknya akan berupaya lebih keras dalam memasarkan beras premium sachet. Hal itu untuk merealisasikan misi Bulog dalam memasarkan produk beras sachet. Ada tiga hal inti dalam memasarkan beras sachet tersebut.

"Pertama adalah menepis isu kelangkaan beras di masyarakat. Karena dengan adanya beras sachet, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan beras di warung-warung kecil. Kedua adalah mencegah terjadinya penimbunan beras. Dengan beras sachet, penimbunan beras menjadi sangat tidak efisien. Karena membutuhkan gudang yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan menimbun beras curah," jelas Benhur.

"Kemudian yang ketiga adalah bagaimana kita memastikan masyarakat mendapatkan pilihan beras yang berkualitas dengan harga relative lebih murah karena jumlah perkemasan yang lebih kecil," sambungnya.

Menurutnya dari beberapa daerah yang ada di Sumut, Kota Medan memiliki peminat paling tinggi untuk beras sachet.

"Sebanyak 40% dari total 50 ribu sachet itu dipasarkan di Medan. Selebihnya daerah-daerah yang ada di Sumut," pungkasnya.

Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar