Tahanan Tewas, Mapolsek Bendahara Dibakar Warga



ISN (Aceh) -- Kantor Polisi Sektor (Polsek) Bendahara di Kabupaten Aceh Tamiang dibakar massa, Selasa (23/10/2018) pagi. Akibatnya, bangunan kantor ludes dilahap api. 

Informasi yang dihimpun, aksi pembakaran Mapolsek Bendahara terjadi setelah salah seorang warga bernama Mahyar ditangkap oleh personel Polsek Bendahara lantaran diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika. 

Setelah ditangkap, Senin (22/10/2018) sekitar pukul 23.00, Mahyar kemudian diboyong ke Mapolsek Bendahara. Namun Selasa (23/10/2018) pagi, Mahyar meninggal dunia. 

Mendengar kabar tersebut, abang sepupu dan keluarga Mahyar merasa tidak terima. Mereka menuding bahwa Mahyar telah mengalami penganiayaan ketika ditahan. Warga kemudian mendengar bahwa Mahyar diperlakukan tidak manusiawi sehingga meninggal dunia. 

Alhasil pihak keluarga bersama ratusan warga setempat mengamuk dan membakar kantor polisi tersebut. 

"Seharusnya kalau korban memang bersalah diproses sesuai hukum, ini malah dipukul hingga meninggal," kata Mustafa, abang sepupu Mahyar, Rabu (24/10/2018).

Menurut Mustafa, setelah dibawa dari Pukesmas, pada tubuh Mahyar ditemukan sejumlah luka memar. 

"Kalau bukan dipukul, mana mungkin terjadi memar-memar di sejumlah tubuh korban, seperti di perut dan bagian kaki," ujar Mustafa. 

Asap pun mengepul dari api yang membakar bangunan Mapolsek. Seratusan personel polisi dari Polres Aceh Tamiang bersenjata lengkap dikerahkan untuk mengamankan lokasi. 

Kapolsek Dicopot

Menindaklanjuti kasus tersebut, Kapolsek Bendahara, Ipda Iwan Wahyudi langsung dicopot dari jabatannya. 

"Hari ini langsung dicopot jabatan Kapolsek-nya. Ini perintah atasan," kata Wakapolres Aceh Tamiang, Kompol M. Nuzir saat meninjau kantor Polsek Bendahara terbakar.

Menurut Kompol M. Nuzir, Kapolsek dan personel yang piket tadi malam akan diproses hukum. 

"Bila terbukti ada terjadi yang melanggar aturan, maka Kapolsek dan personel piket akan ditindak sesuai aturan hukum," tegas Kompol M. Nuzir. 

Selain Kapolsek dicopot, sambung M. Nuzir, sejumlah peronel piket pada malam itu juga akan dipindahkan tugas. 

Sementara itu Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Misbahul Munauwar, mengatakan belum bisa memastikan apa penyebab warga membakar kantor polisi tersebut. 

"Ada dugaan Kapolsek-nya melakukan pelanggaran, namun masih kita periksa pelanggaran apa yang dilakukannya,” kata Misbahul.

Ia mengatakan bahwa kasus tersebut akan ditangani oleh Propam Polda Aceh guna mengetahui penyebab masyarakat mengamuk dan membakar Mapolsek Bendahara di Aceh Tamiang.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar