Gempa Bumi Guncang Pidie Jaya



ISN (Aceh) -- Gempa bumi berkekuatan 3,7 magnitude mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Selasa (13/11/2018) sekitar pukul 09.10 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi terjadi dengan koordinat episenter pada 5,13 LU dan 96,36 BT, tepatnya di darat pada jarak 18 Km arah Tenggara Kabupaten Pidie Jaya dengan kedalaman 10 Km.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta berupa guncangan yang berpotensi dirasakan di daerah Pidie Jaya II MMI," kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I, Edison Kurniawan.

Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya ini jika dilihat dari lokasi serta kedalamannya yang dangkal, merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas Zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone) pada segmen sesar Samalanga yang dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike-slip fault).

"Berdasarkan karakteristik catatan gelombang seismik dan mekanisme sumbernya, gempa bumi ini murni disebabkan aktivitas tektonik dan bukan akibat aktivitas vulkanik," terangnya.

Hingga pukul 09:58 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat di sekitar Kabupaten Pidie Jaya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar