USU Sediakan 7.759 Untuk T.A 2019/20


ISN (Medan) -- Penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik (TA) 2019/20 di Universitas Sumatera Utara (USU) memiliki kuota sebanyak 7.759 orang yang terbagi dalam tiga jalur.

Rektor USU, Prof. Runtung Sitepu mengatakan, ketiga jalur penerimaan tersebut adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Mandiri.

"Adapun jumlah daya tampung untuk ketiga jalur tersebut sebanyak 7.759 orang dengan perincian 2.288 untuk jalur SNMPTN, 3.275 untuk jalur SBMPTN dan 2.196 untuk jalur Mandiri," kata Runtung, Rabu (28/11/2018).

Runtung juga menjelaskan seleksi penerima baru TA 2019/2020, yakni SNMPTN, pengisian, verifikasi dan pendaftaran dilaksanakan tanggal 4 Januari hingga 14 Februari 2019. 

Pelaksanaan akan dilakukan oleh Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru USU untuk 3 jalur tersebut.

Sementara untuk jalur SBMPTN secara nasional akan dilaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang pendaftarannya akan dibuka mulai 12 Januari hingga Maret 2019.

"Ujian UTBK itu akan dilaksanakan selama 24 hari dari Maret sampai dengan Mei 2019," jelasnya.

Dalam penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN dan Mandiri, USU menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

"Informasi selanjutnya akan disampaikan kembali," pungkas Runtung.

Untuk diketahui, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemristekdikti) mengeluarkan kebijakan atau perubahan terkait Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2019/2020. Namun realisasi perubahan akan dilaksanakan pada tahun depan.

Dalam seleksi masuk PTN di Indonesia, Kemenristekdikti membentuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2019. Untuk seleksi masuk PTN hanya ada satu metode tes, yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan. Sedangkan UTBK berbasis Android sementara belum diterapkan karena masih dikembangkan.

Materi tes yang dikembangkan dalam UTBK tahun 2019, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) dengan kelompok ujian Saintek atau Soshum.

Bagi program studi keolahragaan dan seni cukup mengunggah dokumen prestasi atau portofolio, tidak ada Ujian Keterampilan (UK). Pelaksanaan UTBK dilakukan beberapa kali dan hasilnya akan diinformasikan kepada peserta dan PTN tujuan.

Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar