Ketika Sepakbola Pertama Kali Masuk Ke Kuba



ISN (Kuba) -- Kuba merupakan negara yang dikenal tertutup dengan banyak kasus mengenai pelanggaran hak asasi manusia di dalamnya. Salah satu yang tak kalah terkenal dari Kuba adalah cerutunya. 

Tapi di negara yang konon katanya tertutup itu (meski sebenarnya anggapan itu tidaklah benar), sepakbola tetap mampu masuk. Pada 11 Desember 1911, Kuba mengadakan pertandingan sepakbola resmi pertamanya.

Pertandingan resmi itu mempertemukan antara dua kesebelasan besar dari Kuba, yaitu Rovers AC dan SC Hatuey. Pertandingan dimenangkan oleh Rovers AC dengan skor 1-0 dalam ajang bertajuk Campo de Palatino.

Sepakbola sebenarnya sudah masuk ke negara Kuba jauh sebelum 1911. Olahraga ini masuk ke negara yang pernah dipimpin lama oleh Fidel Castro pada awal 1900-an. Ketika itu orang-orang dari Inggris-lah yang mengenalkan sepakbola kepada masyarakat Kuba, dan pengaruh sepakbola ini terus membesar. 

Pada 1907, sekelompok siswa di Havana membentuk klub sepakbola pertama di Kuba bernama Sport Club Hatuey, disingkat SC Hatuey.

Dua tahun setelah berdirinya SC Hatuey, klub baru didirikan oleh sekelompok orang Inggris yang berada di Kuba. Klub itu bernama Rovers Athletic Club, disingkat Rovers AC. 

Pada 1911, akhirnya kedua klub ini bertemu dan menjadi pionir diadakannya pertandingan sepakbola resmi di Kuba. Rovers AC ketika itu menang lewat gol tunggal Jack Orrs.

Kedua klub di atas (Rovers AC dan SC Hatuey) bergantian menjadi penguasa Campeonato Nacional dalam awal-awal penyelenggaraannya. Campeonato Nacional adalah liga sepakbola resmi di Kuba yang didirikan pada 1912. Berturut-turut sejak 1912 sampai 1914, Rovers AC dan SC Hatuey menjuarai kompetisi ini, sebelum akhirnya klub-klub lain bermunculan dan bergantian menjadi juara Campeonato Nacional sampai sekarang, seperti FC Villa Clara peraih 13 gelar Campeonato Nacional.

Toh, sepakbola memang sesuai dengan prinsip yang sampai sekarang Kuba anut, kan? Kesamarataan dalam berbagai aspek. Sepakbola adalah olahraga yang bisa dimainkan oleh siapapun tanpa memandang kelas ataupun status sosial. 

Mungkin karena itulah sepakbola dengan cepat menjadi olahraga yang populer di Kuba, dan sekarang menjadi olahraga terpopuler kedua di sana setelah baseball.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar