Dialog Kewirausahaan LEMI Medan, Saatnya HMI Mengabdi Dengan Karya



ISN (Medan) -Dialog kewirausahaan dalam rangka memperingati Milad HMI Ke-72 yang dilaksanakan oleh Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam HMI cabang Medan berjalan dengan hikmat di Pelipur Cafe, Sabtu (09/02/2019) kemarin.

Dialog kewirausahaan yang diadakan oleh Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam HMI Cabang Medan ini mengangkat tema “Menciptakan Wirausaha Muda di Lingkungan HMI”.

Dalam kegiatan ini pengurus mengundang narasumber Muhammad Nedy Afriadi dari Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Beliau menjabat sebagai Ketua Lembaga Kewirausahaan.

Pada acara pembukaan, Taufik Kurniawan sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam HMI Cabang Medan menyampaikan, dialog ini merupakan follow-up dari hasil kesepakatan LEMI Medan dengan Dinas Koperasi & UMKM Sumut.

“HMI di era millenial harus menambah gaya perjuangannya yakni berkarya dan mandiri. Saat ini LEMI Medan sudah ada program Bina Usaha dengan menggandeng Dinas Koperasi & UMKM Sumut dalam menjalankannya,” ujarnya.

Hadir juga Sekretaris Umum Cabang Medan, Akbar Maulana. Dalam sambutannya beliau berpesan.

“Hari ini HMI harus mandiri, untuk tetap menjaga independensinya agar tidak terjebak politik praktis dan kekuasaan. Berwirausaha adalah cara konkret HMI bisa menguatkan independensinya. Saya mengapresiasi LEMI Medan dalam melaksanakan dialog serta membuat program bina usaha tersebut,” imabunya.

Sesuai tema yang diangkat, narasumber memaparkan kesalahan Indonesia ada tiga, yakni mulai dari mindset, mental, dan system yang amburadul. Berkaca dari 3 masalah tersebut pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus bisa memperbaikinya, pemuda khususnya kader HMI harus mengubah mindset mencari kerja beralih menjadi membuka lapangan kerja.

“Saya sangat apresiasi program Bina Usaha LEMI Medan, dimana sekarang kader HMI bisa sebagai pionir dalam gerakan kewirausahaan di lingkungan organisasi kemahasiswaam dan pemuda. Program-program pendampingan kewirausahaan dari Dinas Koperasi & UMKM bisa menjadi solusi kawan-kawan LEMI dalam menyukseskan programnya,” sebutnya.

Senada dengan hal tersebut, Juan Utama Batubara, yang juga menjabat sebagai Direktur Pengabdian Masyarakat  mengatakan bahwa  LEMI HMI Medan harus mampu menghadapi tantangan di era revolusi Industi 4.0 dengan tetap mempertahankan nilai-nilai dasar Islam dalam ikut serta berperan pada aktivitas perekonomian dan mengabdi kepada masyarakat .

Di akhir kata saudara Ahmad Kodri Fauzi Hsb sebagai direktur bidang koperasi & UMKM sekaligus moderator memberikan closing statement.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan untuk meningkatkan minat para kader HMI dalam berwirausaha, agar bisa mandiri sehingga dapat menjaga independensi dan berkontribusi dalam perekonomian yg bertujuan mewujudkan kemakmuran bagi masyarakat. Lokasi diskusi ini terdapat 5 member bina usaha LEMI Medan yang berasal kader HMI. Harapannya kerja sama ini tetap terus terjalin dan bisa menjadi warna baru bagi di lingkungan HMI khususnya Cabang Medan,” sebut Fauzi.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar