Pencairan THR Dipercepat, Pemko Medan Siapkan Rp 180 Miliar



ISN (Medan) -Pemerintah Kota (Pemko) Medan sudah menyiapkan Rp 180 miliar untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji 13 para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pasalnya, pemerintah berencana mempercepat pembayaran kedua tunjangan ASN tersebut.

"Pemko Medan sudah menyiapkan anggarannya. Jadi tidak masalah kalaupun pembayarannya dipercepat. Kas kita saat ini ada sekitar Rp 600 miliar, ditambah lagi ada pembayaran Dana Bagi Hasil (DBH) dari Pemprov Sumut," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan Irwan Ritonga, Selasa (26/2/2019).

Kendati demikian, ia mengatakan Pemko Medan tetap mengharapkan Dana Alokasi Umum (DAU) pencairannya juga dipercepat. DAU yang diperoleh Pemko Medan sebesar Rp 130 miliar.

DBH yang baru dibayarkan oleh Pemprovsu ke Pemko Medan Rp 165 miliar. Itu merupakan utang Pemprovsu pada 2017.

"Sisanya tinggal sekitar Rp 100 miliar lagi. Pembayarannya insya Allah dalam waktu dekat ini. Sisanya ini adalah hutang DBH Pemprovsu tahun 2018," jelasnya.

Irwan mengatakan, pembayaran THR dan gaji 13 sebesar Rp 180 miliar diperuntukkan bagi 11.000 ASN di Pemko Medan, belum termasuk guru.

Ia juga mengaku mengikuti perkembangan tentang aturan yang dibahas yakni peraturan pemerintah tentang pemberian THR dan gaji 13 untuk ASN yang ditargetkan rampung sebelum pemilihan presiden 2019.

"Informasinya THR akan cair pada Mei 2019. Tapi pemerintah pusat berupaya agar peraturan itu bisa ditetapkan sebelum pilpres 2019," pungkasnya.

Seperti diketahui, penyusunan Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian THR 2019 dan Gaji ke-13 untuk PNS atau ASN ditargetkan rampung sebelum pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Dengan begitu, THR akan cair pada Mei 2019. Pemerintah, dalam surat keterangan tersebut berupaya agar PP tersebut bisa ditetapkan sebelum Pilpres yang berlangsung pada 17 April 2019.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar