Polisi Ungkap Kondisi Kesehatan Ratna Sarumpaet Sebelum Diserahkan ke Jaksa



ISN (Jakarta) -- Polda Metro Jaya memastikan kondisi kesehatan tersangka kasus berita hoaks, Ratna Sarumpaet dalam kondisi baik dan prima, saat diserahkan atau dilimpahkan ke kejaksaan, Kamis (31/1/2019) siang.

Kepala Bidang Dokter Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Metro Jaya Kombes Pol Umar Shahab mengatakan mengatakan, sesuai prosedur pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan kembali kepada Ratna Sarumpaet yang selama ini ditahan di Rutan Mapolda Metro, sebelum diserahkan ke kejaksaan, Kamis.

"Kami sampaikan bahwa melalui prosedur yang biasa dan kita laksanakan kepada siapapun, telah dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ibu Ratna Sarumpaet," katanya didampingi Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Kamis.

"Sampai saat ini, kondisi ibu Ratna fit sehingga kita lakukan pelimpahan ke tahap berikutnya yakni tahap 2 ke kejaksaan," kata Umar.

Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap Ratna Sarumpaet dilakukan rutin dilakukan sejak ia ditahan di Mapolda Metro Jaya.  

"Dari mulai penyidikan sampai setelah P21, sampai saat akan diserahkan ke kejaksaan tetap kita lakukan pemeriksaan kesehatan. Sampai tidak ada keluhan. Khusus ibu ratna sarumpaet tidak ada yg istimewa, kebetulan beliau juga cukup prima, dan biasa konsumsi suplemen dan vitamin," papar Umar.

"Hanya sempat dalam satu bulan pertama, ia mengeluh mungkin karena tak terbiasa, sehingga makanan dikirim keluarga. Kemudian mual, sempat kita infus, tapi tidak sampai kita rujuk ke RS. Kita lakukan pemeriksaan dan penanganan di poliklinik kita," katanya.

Sebelumnya Ditreskrimum Polda Metro Jaya memastikan melimpahkan atau menyerahkan tersangka kasus hoaks Ratna Sarumpaet ke Kejati DKI, Kamis (31/1/2019).

Hal itu merupakan pelimpahan tahap dua karena berkas kasus hoaks Ratna Sarumpaet, sudah dinyatakan lengkap atau P21 oleh kejaksaan.

Berkas dilimpahkan penyidik Polda Metro Jaya ke Kejaksaan Tinggi DKI, Kamis (10/1/2019) lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan dalam pelimpahan tahap ke dua ini, Kamis, selain melimpahkan tersangka Ratna Sarumpaet, juga turut dilimpahkan barang bukti kasus dari penyidik ke kejaksaan.

"Dalam.penyerahan tersangka ini kita lakukan juga pengamanan dan pengawalan ya. Karena kita belum tahu, nantinya oleh penuntut umum ibu Ratna Sarumpaet akan ditahan di mana.

Jadi kita lakukan pemantauan dan pengamanan juga membantu kejaksaan. Supaya jangan sampai ada terjadi hal yang tidak kita inginkan di sana," kata Argo di Mapolda Metro Jaya.

Sebelumnya, berkas kasus Ratna ini sempat dikembalikan kejaksaan ke penyidik karena dinyatakan belum lengkap, November 2018 lalu.

Argo mengatakan, dinyatakan lengkapnya berkas perkara dengan tersangka Ratna Sarumpaet ini setelah penyidik mengikuti seluruh petunjuk jaksa saat berkas dikembalikan November 2018 lalu.

"Salah satunya adalah dengan memanggil saksi baru. Semuanya Ada 10 item yang sudah dilengkapi termasuk keterangan saksi baru," katanya.

Dalam berkas perkara No.685/XI/2018/Dit. Reskrimum ini, disebutkan bahwa budayawan dan aktivis Ratna Sarumpaet diduga melakukan tindak pidana menyiarkan berita atau informasi bohong, dan dengan sengaja menyebabkan keonaran di tengah masyarakat.

Sebab ia mengaku telah dianiaya sejumlah orang di Bandung dengan menyebarkan foto wajahnya yang lebam. Belakangan diketahui wajah lebam Ratna Sarumpaet karena ia baru saja menjalani operasi plastik wajah di salah satu rumah sakit estetika di Jakarta.




Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar