Bawa 11,5 Kg Sabu, Kuli Bangunan Dituntut 19 Tahun Penjara



ISN (Medan) -- Seorang kuli bangunan bernama Saindra (36) dituntut 19 tahun penjara akibat menjadi kurir sabu seberat 11.540 gram di Ruang Cakra 4, Pengadilan Negeri Medan, Jumat (29/3/2019).

Jaksa Kejari Medan, Haslinda Hasan, menuntut terdakwa asal Jl. Pertiwi Ujung Gang 108 No.10, Medan Tembung ini dengan Pidana pasal 114 ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

"Terdakwa terlibat kasus peredaran narkotika kelas satu seberat 11,5 kg Ons dan menuntut 19 tahun penjara, dimana terdakwa juga dibebani membayar denda sebesar 2 Miliar dengan ketentuan apabila tidak dibayarkan tahun 1 tahun kurungan," kata Haslinda di hadapan Ketua Majelis Hakim Erintuah Damanik.

Selama di kursi persakitan, Saindra tampak mengenakan kaos tahanan Kejari Medan dengan celana jeans biru dan sendal jepit.

Ia tampak lesu dan hanya bisa tertunduk selama pembacaan tuntutan, tangannya tampak digenggam di antara kedua kakinya.

Seusai pembacaan Saindra sempat berbincang dengan Tribun dan mengaku menyesal atas perbuatannya dan bermohon untuk dikurangi. 

"Ya pinginnya tidak segitulah (tuntutan) bang, saya juga baru kali ini bawa sabu," ungkapnya dengan nada sengau.

Dalam dakwaannya, JPU Haslinda Hasan menjelaskan bahwa awal mula kasus Saindra dimulai pada 25 September 2018 di Jalan Lintas Sumatera Pasar Bengkel Perbaungan ditangkap oleh Penyidik Polda Sumatera Utara.

"Pada waktu tersebut diatas, terdakwa ditangkap oleh anggota Kepolisian Polda Sumut tepatnya di depan rumah makan Bahagia dan pada saat dilakukan penangkapan. Dari terdakwa disita barang bukti dari terdakwa berupa 1 tas ransel yang didalamnya terdapat 10 bungkus plastik teh warna hijau tulisan cina merek Guanyinwang," terangnya.

Selanjutnya, dalam tas tersebut ditemukan narkotika jenis sabu dengan berat keseluruhan seberat 11.540 gram netto, 2 unit HP.

"Terdakwa mengakui narkotika jenis sabu tersebut diperoleh terdakwa dari seorang pria bernama Ebon (DPO) untuk dibawa ke Medan. Selanjutnya terdakwa berikut barang bukti dibawa ke kantor Ditresnarkoba Polda Sumut," tutup Jaksa Haslinda.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar