KPU Apresiasi Polri Ungkap Kasus Hoaks "Settingan Server"




ISN (Jakarta) -- Komisi Pemilihan Umum ( KPU) mengapresiasi kinerja Polri yang telah dengan cepat mengungkap kasus hoaks terkait "setting-an" server KPU. Hoaks tersebut menyebutkan bahwa server KPU di Singapura telah diatur untuk memenangkan salah satu pasangan capres-cawapres. 

Komisioner KPU Ilham Saputra menuturkan, hoaks tersebut telah membentuk opini yang salah di masyarakat. "Saya mengapresiasi kerja Polri yang begitu cepat sehingga tidak berlama-lama," kata Ilham di saat konferensi pers di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/04/2019). 

"Karena berita yang kemarin diviralkan itu sudah banyak sekali tersebar sehingga membuat opini dari masyarakat sekan-akan berita tersebut benar," sambungnya. Ilham pun kembali mengungkapkan bahwa KPU hanya memiliki server di Indonesia dan tidak ada server di luar negeri, seperti yang disebutkan dalam video tersebut. "Kedua, proses penghitungan, rekapitulasi yang digunakan adalah manual sebagai hasil resmi dari Pemilu 2019," tuturnya. 

Sebelumnya, polisi mengungkapkan sudah menangkap dua tersangka terkait kasus tersebut. Tersangka pertama berinisial EW yang ditangkap pada Sabtu (6/4/2019) di Ciracas, Jakarta Timur. Kemudian, RD ditangkap di Lampung, pada Minggu (7/4/2019). EW menyebarkan hoaks tersebut melalui akun Twitter-nya, yang kemudian disambungkan ke situs daring Babe.com. 

Sementara, RD menyebarkannya melalui akun Facebook miliknya. Saat ini, RD masih dalam pemeriksaan di Polda Lampung. Kasus tersebut dilaporkan KPU melalui komisionernya kepada Bareskrim di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019). 

Sebelumnya, beredar kabar bahwa server KPU di Singapura sudah men-setting kemenangan salah satu pasangan capres-cawapres. 

Kabar tersebut beredar melalui Facebook, Twitter, hingga Instagram. Akun Facebook bernama Rahmi Zainuddin Ilyas mengunggah informasi tersebut. Ia menggunggah video yang berjudul "Wow server KPU ternyata sudah Disetting 01 menang 57% tapi Jebol Atas Kebesaran Allah Meskipun Sudah Dipasang 3 Lapis". 

Dalam unggahan tersebut disertakan caption, "Astaghfirullah, semua terbongkar atas kebesaran dan kekuasaan serta kehendak Allah semata". 

Muncul juga informasi yang beredar demikian, "Breaking New! Pak Wahyu mantan staf Jokowi di Solo bongkar server KPU di Singapura udah setting kemenangan 01 57%!!!, Jebol salah satu dari 7 servernya. Sebarkan. Viralkan".

Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar