AJH: Kasus Cindy Merupakan Preseden Buruk Dunia Pendidikan Kota Medan



ISN (Medan) -- Aliansi Jurnalis Hukum (AJH) Kota Medan menyebut kasus yang dialami Cindy Claudiyana Sembiring sebagai preseden buruk bagi dunia pendidikan Kota Medan.

Ketua DPD AJH Kota Medan, M. Taufiq Hidayah Tanjung, M.Pd mengatakan hal ini seharusnya tidak boleh terjadi dalam dunia pendidikan.

Menurutnya perlindungan profesi guru sudah diatur dalam PP Nomor 74 Tahun 2008 yang salah satu pasalnya menyebut guru memiliki wewenang memberikan sanksi terhadap siswa yang melanggar norma agama, norma kesusilaan dan norma kesopanan.

"Dari situ bisa kita lihat apa yang dilakukan oleh Cindy dalam rangka menjalankan tugas profesi guru. Kita meminta kepada pihak Polda Sumut agar segera membebaskan Cindy dari tuntutan hukum," kata Taufiq, Kamis (30/5/2019).

"Kita juga meminta kepada organisasi guru untuk sesegera mungkin memberikan perlindungan hukum bagi profesi guru agar ke depan guru-guru tidak langsung berhadapan dengan pihak yang berwajib. Sebelum memasuki ranah hukum harus ada ranah kode etik yang harus dijalani," imbaunya.

Sementara di sisi lain Taufiq meminta Dinas Pendidikan Sumatera Utara agar melakukan pemeriksaan terhadap yayasan tempat Cindy mengajar.

"Kita sangat sesalkan pihak yayasan sedikit pun tidak memberikan perlindungan terhadap gurunya, malah terkesan menyudutkan Cindy dan harus kita ingat bersama kejadian di yayasan tersebut bukan yang pertama yang merugikan guru," tandas Taufiq.

Seperti diketahui, Cindy Claudiyana Sembiring ditahan Polda Sumatera Utara atas tuduhan menganiaya siswanya. Cindy yang merupakan guru di SMA Syafiyatul Medan diadukan oleh salah satu orang tua siswa yang anaknya mengaku mengalami tindak kekerasan di sekolah.

Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar