AJH Kota Medan: Zonasi Sekolah Buyarkan Impian Siswa



ISN (Medan) -- Wacana penggunaan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 dinilai membuyarkan impian siswa untuk menimba ilmu di tempat yang diinginkan.

Ketua DPD Aliansi Jurnalis Hukum (AJH) Kota Medan, Taufiq Hidayah Tanjung, mengatakan sistem zonasi sangat merugikan peserta didik.

"Siswa yang sudah mempersiapkan diri untuk masuk ke sekolah yang diimpikan harus terganjal dengan sistem yang menurut saya tidak baku dari Kementerian Pendidikan," kata Taufiq, Selasa (28/5/2019).

Taufiq mengimbau agar Dinas Pendidikan Kota Medan menciptakan sistem PPDB yang mampu menyahuti keinginan peserta didik. Apalagi masih ada sejumlah sekolah yang menjadi favorit.

"Bagaimanapun yang namanya sekolah favorit di Kota Medan ini masih ada karena fasilitas sekolah negeri di Kota Medan tidak merata. Masih banyak SMP negeri yang kalau hujan banjir, perpustakaan tidak lengkap, komputer tidak lengkap sehingga mau try out UNBK harus bekerja sama dengan pihak ketiga," sebutnya.

Menurutnya sistem zonasi bisa digunakan jika Dinas Pendidikan Kota Medan sudah mampu memberikan fasilitas yang merata kepada seluruh sekolah negeri.

Taufiq menegaskan pihaknya akan terus memantau proses PPDB mulai dari persiapan sampai pengumuman.

"Tidak boleh lagi ada kelas siluman dalam proses PPDB tahun ini," tegasnya.

Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar