Berstatus Janda, Dosen USU Divonis Hukuman Percobaan



ISN (Medan) -- Terdakwa ujaran kebencian Dosen FIB USU Himma Dewiyana Lubis (45) divonis hukuman penjara 1 tahun denda 10 juta subsider 3 bulan dengan masa percobaan selama 2 tahun oleh Hakim Ketua Riana Pohan, Kamis (23/5/2019) di Pengadilan Negeri Medan.

Selama persidangan di Cakra Utama, Himma tampak mengenakan jilbab merah dengan kemeja bermotif ulos merah serta celana hitam.

Selama pembacaan, terdakwa tampak terus menunduk dan tak berani menatap wajah dari para hakim yang membaca putusan.

"Terdakwa Himma Dewiyani Lubis  melanggar Pasal 28 ayat (2) UU ITE, dimana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas SARA.

Menghukum terdakwa dengan pidana penjara 1 tahun denda 10 juta dengan pengganti 3 bulan kurungan dengan masa percobaan selama 2 tahun," tutur Hakim Riana.

Hal yang menjadi pertimbangan hakim memutuskan untuk dilakukan masa percobaan adalah karena terdakwa merupakan single parents (janda).

"Menimbang bahwa terdakwa merupakan dosen di Fakultas Ilmu Bahasa USU dan merupakan single parents dan memiliki anak-anak yang masih kecil juga seorang ibu yang selama ini tinggal bersama terdakwa.

Terdakwa juga kooperatif selama persidangan," tutur Hakim.

Dengan putusan tersebut artinya jika terdakwa Himma Lubis tidak melakukan banding dan menerima putusan.

Maka sejak putusan tersebut inkrah, selama dua tahun terdakwa tidak ditahan dan dipantau apakah tidak akan melanggar pidana yang sama.

Apabila selama dua tahun tersebut terdakwa tidak melanggar maka terdakwa Himma akan dibebaskan dari pidana 1 tahun penjara denda 10 juta subsider 3 bulan dan sebaliknya.

Seusai sidang, Himma tampak berbeda dari sidang-sidang sebelumnya, jika di sidang tuntutan dan pledoi ia tampak menangis tersedu-sedu.

Kali ini ia tampak lebih tenang, sesampainya di bangku persidangan Himma langsung memeluk pria yang ada di ruang sidang. Dan tak tampak sedikit pun air matanya yang menetes.
Share on Google Plus

About Info Seputar Nusantara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar